Jakarta Kota dengan Mall Terbanyak di Dunia?

Kemana Anda berbelanja atau cuci mata di Jakarta? Pasti Mall adalah salah satu pilihan.

Sekilas kita bisa melihat bahwa Singapura adalah kota sekaligus negara dengan banyak sekali mall atau pusat belanja. Ternyata Singapura bukan kota/negara dengan mall terbanyak. Dilansir dari rumahku.com, ternyata ada begitu banyak Mall di Jakarta,  Dimulai sejak berdirinya SARINAH tahun1963, saat ini ada 173 mall berdiri di Jakarta. Maka Jakarta dinobatkan sebagai kota dengan Mall terbanyak didunia. Dengan perkiraan jumlah ruang retail pusat perbelanjaan sebesar 4,1 juta m2 di 2013, terdapat 12 mall besar di Jakarta Utara, 21 mall di Jakarta Pusat, 16 Mall di Jakarta Timur, 12 mall di Jakarta Barat dan 27 mall di Jakarta Selatan. Jumlah ini di prediksi akan meningkat lagi hingga akhir 2013.

Dengan pesatnya pertumbuhan mall di Jakarta,  banyak kawasan yang seharusnya menjadi daerah resapan air dan ruang terbuka hijau berubah menjadi kawasan bisnis. Walaupun tidak dipungkiri bahwa Mall juga banyak menyerap tenaga kerjaImage

Kondisi ini sangat disayangkan oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Namun, kini pembangunan mall di Jakarta akan dibatasi. Beliau ingin melanjutkan konsep pembangunan yang telah dirancang oleh Bung Karno untuk kota Jakarta, yaitu harus ada keseimbangan antara sisi sosial, religius, ekonomi, dan budaya.

 

Leave a comment